Proses Sumur Pantek Jogja dan Sekitarnya di Ayyasy Teknik

Proses Sumur Pantek - Pentingnya sumur untuk kebutuhan rumah tangga, air yang menjadi kebutuhan tidak bisa dijauhkan dari manusia. Salah satunya solusi untuk mendapatkan air adalah dengan cara membangun sumur pantek. Sumur yang dibor sedalam dalamnya, mulai sedalam 6-7 meter. Tapi jika kualitas air galian yang ada dirumah kurang memuaskan bisa menggunakan jasa ayyasyteknik.com untuk membangun sumur pantek.

Bagaimana sih proses sumur pantek? sebenarnya sumur pantek bukan sumur pantek, tapi penggalian sumur dengan metode pantek. Sumur pantek adalah sumur yang berasal dari sumber mata air yang dihasilkan dari cara pengeboran secara manual. Sumur bor dengan cara pantek dilakukan dengan secara manual sedikitnya 3 orang atau bahkan lebih karena tenaga kerjanya tidak terlalu berat. Kedalaman sumur pantek biasanya kebanyakan berkisar anatara sedalam 0-40 meter dari permukaan tanah. Berbeda dengan sumur bor yang menggunakan metode cara otomatis yang bisa menggali kedalaman dengan puluhan meter bahkan hingga ratusan meter. Alasan mengapa banyak rumah tangga banyak menggunakan sumur pantek adalah karena biaya yang tidak terlalu banyak. Jadi bagi yang mau hemat ini cara alternative untuk memiliki sumur dengan metode pantek dari pada sumur bor otomatis yang mahal.

Dengan mengebor kedalaman 6-7 meter air sudah dapat mengalir tapi derasnya tergantung dari sumber mata airnya. Yang mana pengeboran dilakukan apa bila beruntung, kedalaman demikian bisa cukup mengalir dengan baik dan deras. Tapi buat yang kurang beruntung maka solusinya dilakukan pengeboran yang lebih dalam lagi.

Proses Penggalian Sumur Yang Menggunakan Metode Pantek di Ayyasy Teknik

Panjang pipa, sistem pipa dalam pembuatan sumur pantek dengan menggunakan pipa dua bagian yaitu pipa yang biasa di sebut pipa casing artinya pipa bagian luar, dan bagian dalam biasanya di sebut pipa utama atau main pipa.

Proses Sumur Pantek

Memilih mesin pompa tidak boleh asal memilih jadi setiap pompa ada kapasitasnya masing, semakin dalam kedalaman sumur pantek maka semakin besar mesin pompa yang digunakan. Ini dilakukan supaya terhindar dari ketidak maksimalnya bekerja mesin terhadap sumur pantek. Jika pompa yang digunakan besar maka akan semakin besar tenaga untuk mengangkat air dari sumur, atau bisa menggunakan jet pump, yang umum, bisa digunakan dengan kedalaman <25 meter atau puluhan meter.

Kedalaman sumur pantek yang dangkal sekitar 6-12 meter cukup menggunakan pompa air biasa. Pompa air semi jet pump, harga jg tidak terlalu mahal, anda cukup merogoh kocek mulai 400-600 ribu untuk membeli mesin pompa. Apabila anda menggunakan kedalaman puluhan meter atau kedalaman <20 meter maka anda harus menggunakan jet pump yang bertenaga besar.  tenaga besar biaya pun juga besar, mulai sekitar 2-5 juta anda bisa menggunakan jet pump, atau tergantung dari merk pompa yang digunakan.

Merk pompa yang cukup familiar biasa di gandrungi masyarakat antara lain adalah, sanyo, Panasonic, Hitachi, Shimizu, Wasser, dan lain-lain.

Apabila anda menggunakan sumur pantek yang dalam disarankan menyiapkan dana paling tidak 4 jutaan, karena tenaga pengebor tidaklah sedikit. Terima kasih sudah mampir di ayyasyteknik.com yang membahas tentang proses sumur pantek semoga bermanfaat dan tetap berkreasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *