Pembuatan Sumur Gali Jogja dan Sekitarnya Ayyasy Teknik

Pembuatan Sumur Gali Jogja - Pada saat proses pembuatan sumur gali kita harus mengerti apa itu sumur gali?. Apakah sumurnya di gali dengan tangan sendiri atau dengan alat khusus?. Sumur gali merupakan air bersih dengan cara menggali tanah untuk mendapatkan sumber mata air, karena sumurnya yang tidak terlalu dalam. Maka kami memberi tahu syarat-syarat sumur gali yang baik.

Pembuatan Sumur Gali Jogja

  1. Minimal sumur dasar dinding untuk pembuatan sumur gali jogja sedalam 3 meter, jadi paling tidak kita menggali sedalam 3 meter yang dari permukaan tanah. Pembuatan harus dari tembok agar tidak tembus oleh air yang meresap, atau bahan kedap air yang kuat yang ngga mudah retak dan longsor. Agar air yang merembes dari luar tidak mencemari air yang didalam sumur galian tersebut. Kenapa kedalaman minimal 3 meter? Karena bakteri yang ada akan mati dan tidak dapat hidup lagi.
  2. Pada dinding bawah di buat tembok 1,5 meter yang tidak terbuat dari semen, supaya kuat. Dinding itu fungsinya untuk menyangga tepi dinding agar kokoh dari longsor atas perubahan tekstur tanahnya, dan menahan dinding biar tidak runtuh.
  3. Bangunlah bibir sumur dengan tembok, membuat bibir sumur tidak bisa sembarangan disarankan kurang lebihnya sekitar 1 meter dari permukaan tanah. Membuat bibir tembok harus kedap air, kokoh dan kuat agar air di sekelilingnya tidak masuk ke sumur atau berguna untuk keselamatan penggalian.

 

Pembuatan Sumur Gali Jogja Di ayyasyteknik.com

  1. Pastikan dasarya sudah dibersihkan karena harus dibangun menggunakan semen, ini untuk menghindari kedap air, yang masuk kedalam sumur gali, dan untuk memberikan semen mempunyai lebar kurang atau lebihnya 1,5 meter dari pinggir bibr sumur gali, agar permukaan air tidak masuk ke dalam lantai sumur dan menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti retak, atau bocor sehingga suatu saat nanti akan mudah dibersihkan.
  2. Akan lebih baik sumur galian di berikan penutup untuk menutupi bibir sumur agar atap mampu menghalangi air hujan dan kotoran lainya yang akan masuk ke sumur. Janganlah menaruh ember di bawah sumur atau lantai tanah tapi di gantung.
  3. Limbah, nah ini yang harus kita perhatikan disekeliling kita jika jarak pembuangan limbah dekat dengan sumur ini pasti akan mempengaruhi kualitas air. Baik tidaknya air yang kita pakai tergantung jarak antara limbah dengan sumur. Bisa anda bayangkan kalau limbahnya tercampur apa jadinya sumur galian yang menjadi sia-sia untuk di pakai.
  4. Air yang ada digalian sumur akan lebih mudah diambil menggunakan pompa. Apabila kita mengambil dengan ember atau benda lainya ini tentu akan mempengaruhi air yang bisa jadi kotor dari luar sumur. Dengan memakai pompa dan menutup rapat ini akan menjamin kebersihan air dari luar, seperti dedaunan, sampah kecil lainya. Jika sumur gali sudah menggunakan pompa maka bukan berarti kita akan membiarkan kebersihan begitus saja. Rajinlah melakukan kebersihan terhadap sumur galian secara berkala dan terus menerus, apakah airnya jernih atau keruh kan kita belum tau. Maka itu di lakukan pemeriksaan secara berkala dan terus menerus. sekian dari ayyasyteknik.com artikel diatas adalah langkah/cara pembuatan sumur gali jogja.

Untuk menggunakan jasa ayyasyteknik.com dalam pembuatan sumur khususnya diwilayah jogja silahkan menghubungi disini

One thought on “Pembuatan Sumur Gali Jogja Ayyasy Teknik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *